Pentingnya Sumber Daya Alam Ekonomi untuk Kemajuan Ekonomi

By | August 26, 2021
sumber daya alam ekonomi

Sumber daya alam ekonomi merupakan kajian dalam bidang ekonomi yang membahas mengenai keterkaitan sumber daya alam yang ada dengan permintaan dan ketersediannya. Dalam hal ini, Ilmu Ekonomi berkaitan dengan adanya sumber daya alam.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam bidang ekonomi. Dalam faktor produksi, kita mengenal ada tiga faktor, yakni modal, tenaga kerja, dan sumber daya alam. Sumber daya alam menjadi faktor penentu terhadap  terciptanya suatu produk.

Proses produksi selalu berkaitan dengan ketiga hal tersebut, yakni tenaga kerja, modal, dan sumber daya alam. Jika salah satu faktor hilang, proses produksi suatu barang tidak akan pernah terjadi.

Hal ini dikarenakan ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan lainnya. Oleh karena itu, harus ada sebuah pengkajian yang mendalam mengenai masalah tersebut agar proses produksi tidak terhambat.

Padangan ekonomi terhadap sumber daya alam merupakan salah satu upaya agar faktor produksi tidak terhenti. Jika faktor produksi terhenti, pemenuhan kebutuhan masyarakat juga bisa terhenti dan berakibat pada tidak terpenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Sumber daya alam merupakan segala hal yang berasal dari alam. Adapun yang termasuk dalam sumber daya alam sesuai dengan undang-undang yang berlaku adalah bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Semua itu, merupakan sumber daya alam yang bisa menjadi bagian dari faktor produksi.

Macam-macam Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang ada di dunia ini sangat beragam sekali bentuknya. Hampir semua yang ada telah dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Misalnya saja air dan api yang digunakan untuk memasak dan mencuci.

Secara garis besar, sumber daya alam terbagi menjadi dua macam. Adapun kedua macam sumber daya alam tersebut adalah sebagai berikut.

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang pemakaiannya bisa diperbarui. Maksudnya adalah keberlangsungan dari keberadaan sumber daya alam tersebut bisa terus dijaga dan diperbarui. Contohnya adalah pohon atau kayu.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang jika digunakan maka tidak bisa diperbarui lagi. Dengan kata lain, ketersediannya tidak dapat dilestarikan lagi dan akan habis jika digunakan secara terus-menerus. Adapun contohnya adalah bahan bakar minyak, batu bara, gas alam, dan lain-lain.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui memiliki ketersediaan yang cukup melimpah. Meskipun demikian, sumber daya alam yang satu ini jika digunakan terus-menerus maka akan habis juga sehingga pada akhirnya mencari alternatif sumber daya alam yang lain.

Keduanya berperan penting dalam proses produksi dan digunakan oleh manusia untuk proses produksi baik sumber daya alam yang dapat diperbarui maupun yang tidak dapat diperbarui. Karena ada yang tidak dapat diperbarui itulah, maka ada kajian ekonomi mengenai sumber daya alam.

Peran Sumber Daya Alam bagi Pertumbuhan Ekonomi

Sumber daya alam memiliki peran yang cukup penting sebagai penentu pertumbuhan ekonomi yang terjadi di masyarakat. Untuk bisa melihat pertumbuhan ekonomi yang terjadi di masyarakat, maka caranya adalah dengan melihat tingkat pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Jika pemenuhan kebutuhan hidupnya semakin tinggi, bisa jadi pertumbuhan ekonomi mengalami kenaikkan. Namun jika tingkat pemenuhan kebutuhan hidupnya cukup rendah, bisa dikatakan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di masyarakat tersebut masih rendah.

Pemenuhan kebutuhan yang cukup tinggi bisa didukung dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi sangat dipengaruhi oleh adanya faktor produksi dalam ekonomi.

Salah satu hal yang cukup penting dan berimbas pada pemenuhan kebutuhan masyarakat adalah ketersediaan dari sumber daya alam yang ada. Jadi, sumber daya alam memegang peranan yang cukup penting dalam kemajuan perekonomian suatu daerah.

Kita tidak akan mungkin membangun sebuah rumah jika tidak memiliki batu bata dan semen. Kedua benda tersebut didapatkan dari alam yang merupakan sumber daya alam. Jika di dunia ini tidak tersedia sumber daya alam berupa batu bata dan semen, kemungkinan besar berbagai gedung pencakar langit dan rumah yang kita singgahi sekarang ini tidak pernah ada.

Hal ini dikarenakan sumber daya alam yang tidak ada. Oleh karena itu, faktor sumber daya alam memegang peranan yang cukup penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Ketersediaannya menjadi penentu kemakmuran dan kemajuan perekonomian di daerah tersebut.

Kesejahteraan Rakyat

Sumber daya alam memegang peranan penting bagi kemajuan perekonomian suatu daerah. Namun tidak menjadi sebuah jaminan jika daerah yang kaya akan sumber daya alam akan menjadi sebuah daerah yang memiliki kemajuan dalam bidang ekonomi.

Kita bisa melihat ke beberapa daerah yang ada di negeri ini. Negeri yang sangat kaya sekali dengan sumber daya alam tetapi masih banyak rakyatnya yang kelaparan dan hidup di bawah garis kemiskinan.

Bahkan lebih ironis lagi adalah masyarakat yang tinggal di daerah dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah justru lebih miskin dibandingkan daerah lain yang tidak memiliki kekayaan sumber daya alam. Sungguh hal ini merupakan sebuah pemandangan yang ironis.

Kita bisa melihat kekayaan alam berupa emas yang ada di Papua. Berapa banyak emas yang sudah digali oleh PT Freeport, tetapi masih banyak rakyat yang berada di daerah tersebut hidup di bawah garis kemiskinan.

Kita bisa melihat kehidupan masyarakat sekitar yang masih bisa dibilang jauh dari kesejahteraan. Dengan harta kekayaan yang melimpah tersebut, seharusnya daerah itu sudah menjadi sebuah daerah yang kaya raya dengan tingkat perekonomian yang cukup maju.

Namun hal tersebut tidak pernah terjadi. Apa yang terjadi di sana juga bisa dijadikan sebagai sebuah bukti bahwa kekayaan sumber daya alam saja tidak cukup untuk membuat suatu daerah memiliki kemajuan yang cukup dalam bidang ekonomi.

Diperlukan faktor yang lainnya untuk bisa menjadikan pertumbuhan ekonomi suatu masyarakat menjadi lebih baik. Faktor tersebut adalah sumber daya manusia atau bisa dikatakan sebagai tenaga kerja.

Jika kekayaan sumber daya alam yang melimpah tersebut mendapatkan dukungan dari sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi yang terjadi bisa meningkat. Kesejahteraan masyarakat yang ada tumbuh dengan lebih baik.

Adanya ilmu sumber daya alam ekonomi juga mengatur pola ketersediaan sumber daya alam dengan permintaan pasar. Dengan menjaga keseimbangan antara ketersediaan dan permintaan, maka kelestarian dari sumber daya alam bisa terjaga dengan baik. Dengan adanya sumber daya alam ekonomi ini pula, maka diharapkan generasi mendatang masih bisa merasakan berbagai manfaat dari sumber daya alam yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat!