Apa yang Dimaksud dengan RPP Olahraga

By | August 26, 2021
rpp olahraga

RPP olahraga merupakan singkatan dari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Olahraga. Rancangan merupakan panduan yang dibuat oleh guru sebelum melakukan pengajaran dan pembelajaran selama satu semester. Dengan kata lain rancangan pelaksanaan pembelajaran ini memuat apa saja yang akan dilakukan selama pengajaran di kelas. Rancangan pelaksanaan pembelajaran ini dibuat oleh guru yang bersangkutan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Pengajaran di kelas tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus dibuat standar kompetensinya. Membuat standar kompetensi merujuk pada kurikulum yang berlaku saat ini. Dengan standar ini akan dibuat pedoman pengajaran untuk siswa, dengan tujuan semua komponen pembelajaran bisa diberikan dengan baik oleh guru kepada siswa. Semua mata pelajaran di sekolah harus dibuatkan rancangan pelaksanaan pembelajaran, termasuk dengan pendidikan olahraga.

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran

Apa itu RPP olahraga? RPP olahraga merupakan rancangan pelaksanaan pembelajaran pendidikan olahraga. Dalam rancangan ini dimuat pedoman atau sumber rujukan dari semua pembelajaran yang akan dilaksanakan selama satu semester ke depan. Dalam rancangan ini memuat materi, media pengajaran, referensi yang digunakan, teknik pengajaran yang digunakan, serta pembagian waktu pengajaran.

Mengapa rancangan pelaksanaan pembelajaran ini harus dibuat? Rancangan dibuat dengan tujuan guru bisa melaksanakan tugasnya sebagai pengajar dan pendidik dengan baik dan lancar tanpa melenceng dari dasar-dasar yang ada dalam kurikulum pendidikan. Pembelajaran untuk siswa harus disesuaikan dengan standar pendidikan yang ditetapkan dalam kurikulum sekolah. Dengan begitu, sistem pengajaran di sekolah bisa dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur.

Tujuan utama dibuatnya rancangan pelaksanaan pembelajaran ini supaya siswa bisa menerima pembelajaran mata pelajaran dengan baik. Memberikan pemahaman kepada siswa bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi jika tidak dilakukan secara sistematis. Hal ini akan berimbas pada kemampuan atau daya tangkap siswa terhadap suatu pembelajaran, dimana kemampuan mereka tidak sama dan diharapkan melalui rancangan pelaksanaan pembelajaran bisa memenuhi semua kebutuhan siswa.

Olahraga atau pendidikan olahraga yang diwakili oleh pendidikan jasmani ini juga diperlakukan sama dengan mata pelajaran lain yang sifatnya teoritis. Mengapa demikian? Bukankah olahraga lebih banyak praktik? Memang pendidikan olahraga lebih banyak praktis, tetapi juga perlu memberikan pemahaman materi kepada siswa seputar bidang olahraga. Dengan demikian, olahraga pun juga harus dibuatkan rancangan pelaksanaan pembelajarannya supaya pendidikan olahraga bisa diserap dengan lancar, baik secara materi maupun praktis.

Apa yang Ada dalam RPP?

RPP olahraga merupakan rancangan pedoman yang dibuat oleh guru untuk melaksanakan pembelajaran selama satu semester. Rancangan ini dibuat untuk setiap pertemuan atau tatap muka dengan siswa. Bisa dikatakan rancangan ini memuat beberapa instruksi dan arahan mengenai apa saja yang akan diberikan untuk siswa. Materi olahraga selama satu semester dibagi menjadi beberapa rancangan untuk per pertemuan. Secara keseluruhan di dalam rancangan pelaksanaan pembelajaran pendidikan olahraga ini adalah sebagai berikut.

  • Tujuan Pembelajaran

Poin pertama yang harus ada dalam rancangan pelaksanaan pembelajaran adalah tujuan pembelajaran. Tujuan ini disesuaikan dengan mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa. Untuk pendidikan olahraga tujuan pembelajaran bisa berupa tujuan dari melaksanakan kegiatan olahraga tertentu.

  • Materi Ajar

Setelah tujuan pembelajaran dibuat, lalu menyusul materi ajar. Materi ajar ini memuat materi apa saja yang akan diajarkan untuk satu pertemuan kepada siswa terkait dengan materi pendidikan olahraga.

  • Metode Pengajaran

Metode pengajaran ini disebut juga dengan cara pengajaran yang akan dilakukan oleh guru kepada siswa, apakah dengan metode ceramah, diskusi, atau demontrasi.

  • Langkah Pembelajaran

Dalam langkah pembelajaran ini memuat urutan langkah-langkah apa saja yang akan ditempuh oleh guru ketika akan menjelaskan atau menerangkan materi pelajaran.

  • Alat dan Sumber Belajar

Dalam pengajaran adakalanya membutuhkan alat dan sumber belajar. Alat di sini dimaksudkan sebagai peralatan yang digunakan selama pengajaran, seperti alat peraga, matras, lapangan, bola, dan sebagainya. Sementara sumber belajar berupa rujukan atau referensi yang digunakan untuk mendukung materi pelajaran pendidikan olahraga.

  • Penilaian

Tahap akhir dalam rancangan pelaksanaan pembelajaran adalah penilaian yang digunakan oleh guru memberikan nilai kepada siswa setelah melalui serangkaian pembelajaran untuk satu pertemuan.

Itulah beberapa poin yang harus ada dalam rancangan pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan olahraga. Tidak hanya pendidikan olahraga saja yang memerlukan rancangan pelaksanaan pembelajaran, tetapi untuk semua mata pelajaran. Hal ini ditempuh supaya proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan apa yang sudah digariskan dalam kurikulum pendidikan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai RPP olahraga sebagai pedoman guru untuk melaksanakan pengajaran pendidikan olahraga kepada siswa. Semoga bermanfaat.