Penyelesaian Masalah Beda Pendapat

By | August 26, 2021
berbeda pendapat

Ada banyak cara dalam penyelesaian masalah beda pendapat sehingga tidak memicu sebuah perseteruan dan membuat masalah baru.  Manusia dilahirkan untuk menghadapi permasalahan sepanjang hidupnya.

Masalah merupakan bagian dari sebuah ujian hidup, setelah berhasil menyelesaikan satu masalah akan muncul masalah baru. Salah satunya adalah sebuah perbedaan pendapat yang kerap terjadi di antara sesama manusia, kelompok, maupun koloni.

Sangat wajar jika kita sering menjumpai perbedaan pemahaman dan pendapat pada sebuah forum diskusi maupun obrolan ringan antara kawan atau kerabat. Ketika dihadirkan sebuah topik atau permasalahan maka ada berbagai pendapat yang diutarakan.

Penyelesaian masalah beda pendapat

Dalam Islam menganjurkan untuk berdamai dan menghindari perpecahaan akibat dari pendapat yang berseberangan. Jika itu terjadi sebaiknya dicari jalan keluarnya. Hal ini sebagaimana yang termuat dalam Al Quran:

Jika kamu berselisih pendapat maka kembalikanlah kepada Allah (Al Quran) dan Rasul-Nya (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian, yang demikian itu lebih utama dan lebih baik akibatnya.” (QS. An-Nisa’: 59)

Islam juga menganjurkan untuk berdamai agar tidak terjadi sebuah perpecahaan di kalangan umat Islam. Sehingga terpecah belah hal demikian sebenarnya tidak baik. Fakta ini dikuatkan di Surah Ar-Rum: 31.

Janganlah kamu seperti orang-orang yang musyrik, yaitu mereka mencerai-beraikan agamanya dan bergolong-golongan. Dan setiap golongan berbangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.” (QS. Ar-Rum: 31-32)

• Cooling down

Jika ada perbedaan pendapat yang memicu amarah, sebaiknya redam emosi, cooling down dulu.  Karena marah merupakan bisa menjadi cela bagi setan untuk menggoda manusia, melakukan perbuatan tak terkendali.  Selain itu jangan terpancing provokasi atau pengaruh lain. Rendahkan juga nada dalam berbicara. Memang untuk mencapai tahap ini sangat sulit, butuh kebesaran hati dan kedewasaan.

• Musyawarah

Langkah selanjutnya adalah dengan bermusyawarah, duduk bersama dalam satu meja. Membicarakan titik perbedaan dan masalah-masalah untuk kemudian dicarikan jalan keluarnya.  Musyawarah adalah bagian dari tradisi masyarakat Indonesia.

Forum ini bisa dijadikan sebagai media untuk membicarakan permasalahan yang sedang terjadi di kalangan masyarakat. Saling tukar pendapat dan menambah wawasan.

• Saling mengalah

Demi ukhuwah islamiah seyogyanya juga harus ada tenggang rasa, agar persaudaran tetap terjaga meski memang ada perbedaan pendapat. Saling mengalah bukan berarti kita menyerah, tapi demi hal lebih mulia lagi, yakni memperkuat persaudaraan. Jika hal ini bisa dilakukan. perbedaan tidak akan menjadi sebuah perseteruan melainkan bagian aset khazanah Islam.

• Kesadaran akan persaudaraan

“Janganlah kamu berselisih karena kamu akan menjadi lemah dan hilang kewibawaan kamu.” (QS. Al-Anfal: 46)

Sesama Islam adalah saudara kalau sudah ada rasa persaudaraan pasti kita tidak ingin lagi terjadi sebuah friksi atau perseteruan.

• Mediasi

Apabila memang terjadi sebuah selisih dan menimbulkan kerugian maka opsi lain adalah kedua belah pihak bisa menunjuk seseorang yang dianggap bisa menjadi mediator, untuk menengahi perselisihan. Mediasi ini merupakan jalan akhir untuk menyatukan perselisihan atau istilahnya mendamaikan. Mediasi bisa dilakuan secara bertahap, tidak langsung sekali jadi.

Dengan adanya beberapa hal di atas, tentu saja bisa membantu untuk menciptakan terselesaikannya maslaah beda pendapat. Untuk itu, perlu dipahami dengan benar langkah-langkah yang telah diperhatikan itu.

Demikianlah sekilas informasi singkat tentang bagaimana cara penyelesaian masalah beda pendapat. Semoga bisa menambah wawasan dan mempererat persaudaraan.