10 Cabang Olah Raga yang Banyak Digemari

By | September 13, 2021
cabang olahraga populer

Olahraga merupakan salah satu kegiatan fisik yang sangat menguntungkan. Hampir semua orang bisa melakukan aktifitas olahraga ini. Jumlah cabang olahraga ada banyak jenisnya. Kita bisa memilih salah satu dari sekian banyak senam yang kita sukai. Berikut kita akan mengulas 10 cabang olah raga yang paling banyak diminati dan disukai.

Sepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang kini cukup banyak disukai. Yogyakarta sudah mengkampanyekan “Segosegawe” kepanjangan dari Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe (Sepeda untuk sekolah dan bekerja). Diresmikan di alun-alun Utara. Tujuannya adalah agar masyarakat Yogyakarta kembali cinta bersepeda. Bahkan kini banyak masyarakat Yogyakarta yang setiap hari minggu atau beberapa hari tertentu mereka berkeliling bersepeda bersama dengan teman, keluarga maupun dengan teman komunitas sepeda. Seperti yang dilakukan oleh dua Universitas Gajah Mada, Febriarmono bersama temannya bersepeda setiap hari minggu sekali.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak IAYP dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, setiap seminggu sekali juga melakukan rekreasi fisik (olahraga) dengan bersepeda. Meskipun mereka bukan komunitas sepeda, mereka mencoba membudayakan bersepeda dan mengurangi polusi di Yogyakarta.

Lari

Lari juga salah satu olahraga yang cukup simple dan murah meriah. Manfaat yang didapatkan dari lari ini sangat besar. Bisa dibilang lari salah satu olahraga tanpa modal apapun, modalnya hanya kemauan saja. Tidak seperti olahraga yang lain yang menuntut beli aksesoris olahraga yang lain.

Sepak Bola

Sepak bola tentu saja olahraga ini diketahui banyak orang. Bahkan olahraga ini menjadi salah satu olahraga yang sangat bergengsi tinggi. Mereka yang tergabung dalam tim olahraga nasional jelas menjadi penghargaan dan prestasi sendiri. Meskipun demikian, eksistensi olahraga sebenarnya adalah menyeimbangkan tubuh dari gangguan tubuh yang membayakan kita.

Ski Air

Permainan ski air memang tidak semua orang tahu. Tapi bagi para pecinta air pasti tahu olahraga satu ini. ski air dahulu diwajibkan bagi para tentara perang. Tujuannya ketika terjadi pertempuran dengan musuh, dan sewaktu-waktu memaksa kapal rusak, di bom atau bocor, seorang tentara mampu menyelamatkan diri dengan cara berenang. Kemudian dari berenang inilah metode berselancar atau ski air.

Badminton

Olahraga yang cukup bergengsi selain olahraga adalah badminton. Indonesia salah satu negara yang memiliki banyak prestasi di bidang bulu tangkis. Jika dulu ada Alan dan Susi, kemudian lahir para pemain bulu tangkis yang lebih muda dan tidak kalah berprestasi.

Basket

Basket, olahraga yang banyak digemari. Terutama di Amerika Serikat, basket sangat banyak disukai. Olahraga ini berkembang hingga ke negara-negara tetangga hingga sampai pulalah di Indonesia. Basket di Indonesia kini juga menjadi salah satu olahraga ekstrakulikuler yang nyaris banyak kita temui di tingkat sekolah menengah atas. Apalagi bola basket ini setiap tahunnya selalu ada perlombaan basket yang membuat para pemain lebih antusias.

Senam

Senam, olahraga yang paling murah selain berlari. Olahraga senam kini mulai dikembangkan dan mulai dibudayakan di Indonesia. Misalnya dari TK sampai para lansia diperkenalkan senam.Ternyata bagi kesehatan sangat baik untuk perkembangan mereka. Misalnya untuk anak-anak, senam dapat membantu motorik kasar dan halus anak cepat berkembang, begitupun senam untuk lansia, efektif mencegah osteoporosis dini.

Renang

Olahraga yang paling banyak diminati, tertama diminati bagi mereka yang tinggi tubuhnya “semampe” atau pendek ipel-ipel (pendek kecil lucu). Berenang dapat meninggikan tinggi badan mereka. Masih ada dua olahraga, yaitu voli dan binaraga yang juga banyak disukai orang.

Inilah ulasan seputar 10 cabang olah raga yang banyak digemari. Semoga bermanfaat.